Komposisi

June 26, 2012

Komposisi merupakan faktor yang penting untuk menghasilkan foto yang baik.
Mengenai bagaimana kita menentukan apa yang dimuat dalam batasan frame foto dan bagian mana yang ditinggalkan. Penempatan posisi obyek utama dan gambar pendukung/latar belakangnya juga sangat menentukan keindahan sebuah karya foto.

Dengan seringnya memotret, biasanya seseorang secara otomatis dapat menghasilkan komposisi yang baik.

Sebagai panduan untuk menghasilkan komposisi yang lebih menarik, kita mengenal istilah 'rule of thirds', dimana bidang foto yang ada, kita bagi tiga secara horizontal dan vertikal.
Pada dasarnya obyek utama diletakkan pada titik pertemuan antara garis horizontal dan vertikal, dan obyek utama tidak diletakkan di tengah-tengah bidang foto. Hasil foto relatif lebih menarik dengan menggunakan panduan ini.

Setelah menentukan posisi obyek utama, hal lain yang perlu diperhatikan, adalah latar belakang yang bersih dan menarik.

Dengan menggunakan fitur auto fokus pada kamera, kadang apabila titik fokus jatuh di pengaturan spot tengah, maka obyek foto tidak terfokus dengan tajam, yang terfokus adalah area di tengah bidang frame foto. Untuk itu arahkan titik fokus pada obyek utama, tekan shutter setengah jalan sampai 'lock' (auto fokus dan auto exposure) baru lakukan komposisi yang diinginkan, dan tekan shutter penuh, klik...

Garis yang membagi 3 bagian bidang, juga digunakan sebagai acuan untuk menempatkan batas horizon pada foto landscape.
Kita lihat bagian yang lebih menarik, menjadi bagian yang lebih luas areanya.

Sebuah foto yang gambarnya mengikuti garis diagonal, biasanya juga lebih menarik.

Perspektif dan sudut pengambilan gambar juga merubah wajah sebuah foto, janganlah ragu untuk mencoba perspektif dan mengambil foto dari berbagai sudut yang berbeda. Kita akan temukan keunikan tersendiri dari setiap foto.

Kemudian kapan kita mengambil foto dalam posisi frame datar atau posisi frame berdiri? Biasanya kita lihat juga bentuk obyek yang ingin kita foto, misalnya gedung menjulang tinggi, secara natural kita akan ambil posisi frame berdiri. Akan tetapi sekali lagi cobalah berbagai alternatif, karena era digital kamera memungkinkan kita untuk melihat langsung hasil foto jepretan kita.

Terkadang, just 'break the rules', jangan terpaku pada panduan yang ada. Buat visualisasi yang paling kreatif, apa yang terlihat bagus menurut kita, jangan ragu untuk dilakukan.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat bermanfaat.
Salam dan terima kasih.

Didiek.

Go Back

Thanks for your inputs regarding composition!

rule of thirds memang hanya panduan dasar dan bukan sesuatu yang wajib diikuti atau jaminan foto kita akan menarik. Tetapi untuk memulai komposisi yg baik, rule of third adalah pedoman mengatur letak subyek dalam gambar yang mudah dan hasilnya nyata... terima kasih tutorialnya Didiek, sederhana, enak dibaca dan pastinya sangat bermanfaat buat siapapun...



Comment